Thursday, August 20, 2015

CARA MEMASANG FORK OS DI HEADTUBE STANDAR

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang cara memasang fork over size di frame dengan headtube srandar. Banyak pertanyaan yang masuk ke saya tenatang cara pemasangan fork OS di frame Federal yang notabenya berheadtube standar, Apa bisa tanpa harus merubah headtube?, terus bagaimana caranya?.. “BISA” kali ini saya akan menjelaskanya. Sebenarnya teknik ini bukan saya yang menemukanya melainkan hasil dari pemikiran beberapa rekan-rekan MTBFI, tapi berhubung belum ada yang membuat tutorialnya maka kali ini saya akan menjawab pertanyaan pertanyaan itu. Okeh saya sudahi basa basinya dan langsung ke tutorialnya Pertama yang perlu di siapkan adalah kopi dan rokok..bagi yang ga ngrokok dan ngopi bisa di ganti cemilan..hehehehe. Part yang perlu di persiapkan adalah : 1. Headset over size (merek apa aja bisa) 2. Fork over zise tentunya. 3. Adaptor Headset Langkah pemasanganya : Sebelum memasang fork OS anda harus membuat adaptor headset dulu agar si headset OS bisa di pasang di headtube srandar. “Kok bisa”? bisa karena diameter luar headtube standar dan diameter dalam mangkokan headset itu sama besarnya, jadi anda “hanya” perlu membuat cincin pengikat keduanya atau yang saya sebut dengan adaptor. “Terus bagaimana buatnya dan pake apa”? anda bisa membuatnya di tukang bubut bahanya pun beragam terserah anda, mau pake Aloy, besi, atau kramik sekalipun bisa. 1. Siapkan dulu headset yang sudah anda beli (magkokan headsetnya saja). 2. Lepas fork dan headset lama dari frame 3. Bawa headset OS yang sudah anda siapakan dan frame sepeda anda ke tukang bubut terdekat. “Kenapa harus di bawa?” karena biar ukuran adaptornya bisa presisi dengan headtube dan headset karena harus benar2 kencang. Untuk desain adaptornya seperti ini :
(gambar di atas di buat oleh om Coolisia No) *ukuran tinggi Adaptor menyesuaikan kebutuhan saja apabila sudah jadi tinggal di aplikasikan saja dengan preview seperti ini :
nah kalau sudah terpasang seperti ini tinggal pasang deh fork over sizenya.
Untuk kekuatanya Alhamdulillah selama ini belum ada kendala dengan catatan adaptor jangan sampai longgar pemasanganya Demikian ulasan saya tenatang pemasangan fork over size di headtube standar dan selamat mencoba Terimakasih..

1 comment: