Thursday, March 19, 2015

CARA MENGGANTI BAN SEPEDA SENDIRI

Sudah beberapa hari ini ban belakang sepeda saya sering turun tekanannya. Ada kemungkinan bocor alus atau kualitas ban dalamnya tidak bagus. Keadaan ini cukup mengganggu aktivitas. Karena setiap mau keluar rumah, harus mompa sepeda dulu. sad Dulu ketika masih memakai ban dalam asli bawaan sepeda polygon jarang turun tekanannya. Cukup seminggu sekali tambah anginnya. Namun, semenjak ganti ban dalam dengan merek biasa (dibeliin tukang bengkel), baru dua hari sudah turun tekanannya. Biar tidak berlarut-larut, saya ingin ganti saja dengan ban dalam polygon. Setelah googling kesana kemari, saya tidak berhasil menemukan penjual online yang jual ban dalam polygon. Rata-rata jual merek United. Daripada tidak ada, akhirnya saya beli ban dalam United dengan harga 20 ribu di tokopedia. Ketika cari informasi ban dalam, tidak sengaja saya melihat video bagaimana cara mengganti ban dalam sepeda gunung sendiri di Youtube. Hmm.. kayaknya boleh juga nih praktek bongkar pasang ban dalam sendiri. Nampaknya tidak terlalu sulit. Sekalian buat latihan service sepeda sendiri happy
Berbekal alat ganti ban dalam “Beto Omnipak Tire repair kit” dan tutorial dari youtube, saya coba bongkar dan pasang ban dalam sendiri. Ternyata tidak sesulit yang saya kira. Cukup pindah gigi gear ke yang paling kecil, kendorkan rem belakang, lepas roda sepeda belakang. Kempeskan ban trus tarik ban dalamnya. Setelah itu pompa ban dalam yang baru secukupnya sampai berbentuk lingkaran, trus masukkan ke dalam velg perlahan-lahan. Cek posisi ban luar agar seimbang, kalau sudah pas baru di pompa sampai keras. Pasang kembali ke roda belakang ke sepeda dan selesai.

No comments:

Post a Comment