Monday, December 1, 2014

TIPS MEMILIH HELM SEPEDA BERSERTIFIKASI, LEBIH AMAN . BUKAN HARGA MENJADI PATOKAN

Bila anda tertarik membeli helm sepeda, gunakan helm yang baik. Khususnya helm yang sudah lolos test sertifikasi yang disarankan CPSC Amerika. Karena memiliki mutu yang baik, dan sesuai dengan test keamanan. CPSC adalah standar dari pengujian Amerika. Sebagai badan regulasi pemerintah dan melakukan test produk secara berkala ( Consumer Product Safety Commission ), bertugas melakukan pemantauan dari produk yang beredar di Amerika. Dan melakukan pengumuman serta meminta penarikan produk bila dianggap gagal memenuhi standar CPSC. Apakah semua helm sepeda memiliki mutu yang sama, atau yang lebih mahal lebih aman. Tidak ada ketentuan apakah sebuah helm mahal dan murah lebih aman.
Helm yang aman adalah Helm yang sudah lolos test pengujian CPSC dan mendapat sertifikasi aman Tidak pernah bermasalah atau mengalami penarikan (recall) di pasar. Mengenakan helm harus pas dan terikat kuat agar tidak mudah bergersar serta tidak asal nemplok di kepala. Standar sertifikasi helm sepeda Memiliki sertifikasidari American National Standards Institute (ANSI), Snell Memorial Foundation standard B 90,B 90S, N 94, B 95; American Society for Testing and Materials (ASTM) standard F 1447 93 atau F 1447 94; atau Canadian Standards Association standard CAN/CSA D113.2 M89. Standar helm sepeda biasa mengunakan standar CPSC, ASTM F1447, Snell B 90/95 dan N94. Untuk BMX dengan CPSC dan ASTM F2032, dan helm sepeda Downhill dengan CPSC dan ASTM F1952. Fungsi Utama Helm Sepeda Bagian luar untuk melindungi benturan keras dari benda (khususnya benda tajam). Bagian dalam berfungsi menyerap benturan, meredam dorongan energi ketika terjatuh dan meminimalkan guncangan dibagian kepala. Helm sepeda dirancang untuk meredam benturan di kepala. Helm terkadang pecah ketika terbentur, dan bukan berarti helm tersebut jelek. Helm yang tidak pecah ketika terjatuh bisa jadi helm tersebut lebih berbahaya bila tidak memenuhi standar keamanan. Apa fungsi sebuah helm sepeda. Apa yang kita hadapi ketika kepala mengalami benturan. Terlalu keras membentur bisa menyebabkan kematian, walau kondisi helm masih utuh. Ketika pesepeda terjatuh dan kepala membentur benda keras. Busa atau form pelindung yang berfungsi untuk meredam benturan. Tetapi tidak semua helm mengunakan disain form yang baik, khususnya yang tidak memiliki sertifikasi. Apa dampak dari helm tanpa sertifikasi tersebut, yang dikemukakan di video dibawah ini agak menakutkan. Contoh saja ketika helm membentur, maka benturan dapat menghasilkan 816 G Force. Ketika benturan ini terjadi, helm tetap utuh. Tetapi kepala manusia tidak selamat dari benturan seperti itu. Tekanan tersebut bisa dihasilkan bila kepala seseorang terjatuh dari 2 meter dan berakibat fatal. Walau bagian kepala sudah terlindung dengan helm. Helm yang aman adalah helm yang mampu meredam benturan di kepala, setidaknya menurunkan benturan sampai 150 G Force. Bila benturan sangat kuat mampu diredam oleh helm, kepala pengunanya akan selamat. Keamanan pada helm bukan dari model dan harga, bagian terpenting pada helm adalah busa pelindung di dalamnya. Hal lain seperti ventilasi, tali pengikat helm perlu di pertimbangkan. Satu studi dari institut transportasi Norwegia, menyebutkan keraguannya manfaat helm sebagai pelindung pengendara sepeda. Hal ini diberitakan di harian Selandia Baru. Penelitian dari Dr Elvik mengatakan, keselamatan helm hanya mengurangi cidera dibagian kepala sampai 43% saja. Berbeda dengan penelitian sebelumnya yang menyebutkan kecelakaan dibagian kepala dapat terlindung sampai 60% dengan helm Berita ini cukup kontroversi. Dr Elvik mengatakan helm tidak melindungi semua bagian yang mungkin cidera. Misalnya bagian leher, muka dan bagian kepala lainnya bisa cidera. Helm tidak mampu melindungi seluruh bagian kepala pengendara. Professor Alistair Woodward dari universitas Auckland membenarkan bahwa penelitian Dr Elvik tidak bertentangan dengan penelitian sebelumnya atas manfaat helm untuk melindungi bagian kepala. Helm sepeda memiliki separuh perlindunga dibagian kepala. Dan bagian leher tetap bisa saja mengalami cidera. Tetapi kondisi leher tertekuk memiliki persentasi jauh lebih kecil. Negara Selandia Baru mewajibkan pemakaian helm bagi pengendara sepeda. Hukum disana akan mendenda bagi pengendara tanpa helm dengan NZ$55, atau sekitar 400 ribu. Tahun lalu sudah ada 9618 surat tilang dikenakan ke pesepeda yang tidak memakai helm

No comments:

Post a Comment