Tuesday, September 30, 2014

CARA MEMASANG FREE HUB

Kendurkan baut pengunci dengan kunci hex 2mm. Cukup kendurkan saja, tidak perlu dilepas.
Putar mur pengunci as kebalikan dari arah jarum jam sampai lepas.
Dorong as hingga sprocket juga ikut ter lepas.
Sampai sini, cek kebersihan dalaman semua komponen, jika perlu cuci & beri gemuk lagi.​ Masukkan kembali as bersama sprocket, tekan ketiga pelatuk freehub dengan obeng - atau alat lainnya satu per satu sambil diputar sedikit sedikit hingga masuk ke posisi seperti sebelumnya.
Pasang kembali mur pengunci as, putar searah jarum jam. Jangan terlalu kencang, cukup asal tidak terjadi celah/ kocak lagi seperti sebelumnya.
PENTING​ Sampai bagian ini, pegang as roda dengan kedua tangan kemudian coba putar roda, jika dirasa ada hambatan atau terasa kasar atau seperti tertahan berarti anda memasang mur pengunci as terlalu kencang, sedikit kendurkan & coba lagi sampai halus tapi tidak ada celah/terasa kocak. Dibutuhkan sedikit ketelitian & kesabaran di bagian ini aga diperoleh hasil yang sempurna.​ ​Kencangkan kembali baut pengunci mur dengan kunci hex 2mm. Cukup asal kencang saja, tidak usah pakai tenaga hercules.
Selanjutnya, pasang roda kembali ke frame, kencangkan quick release & silahkan dicoba. Kalo masih kocak, silahkan diulang bagian PENTING diatas. Kalo tetap nggak bisa coba cari teman/orang yang lebih ahli. Kalo tetap nggak bisa juga barulah sepertinya anda membutuhkan bearing baru.
Untuk roda depan cara bongkar-pasangnya juga mirip, jadi tinggal coba aja, jangan takut untuk mencoba. Semoga membantu & makasih semuanya

1 comment: